Senin, 06 Juni 2016

Alasan mengapa semua musisi harus bisa memainkan piano

Banyak musisi menghindari belajar teori musik karena merasa seperti sedang belajar bahasa asing. Akhirnya banyak musisi yang bergabung dalam komunitas anti teori musik yang menganggap bahwa teori musik merusak kemampuan bermusik serta kreativitas musisi. Namun seiring berjalannya waktu mulai banyak musisi kemudian menyadari bahwa teori musik adalah sesuatu yang sangat diperlukan karena didalamnya mengandung dua dasar bermusik yang sangat peting yaknik komposisi dan improvisasi.

Tanpa dua pengetahuan ini kita akan kesulitan saat menyusun lagu dan membuatmu frsutasi ketika mencoba berimprovisasi dengan kecepatan. Bayangkan juga bagaimana betapa memalukannya kamu ketika ketika keyboardist dan pemain bass sedang mendiskusikan progresi akord sementara kamu tidak tahu sama sekali mengenai pembahasan tersebut. Dan ini akan menjadi sangat sulit untuk beberapa instrumentalis terutama gitaris.

Satu hal yang bisa membantu para gitaris menghadapi kasus ini adalah meletakkan gitar dan mengambil buku teori musik serta mengganti gitar dengan piano. Dijamin dalam beberapa minggu pemahaman kamu tentang teori musik akan berkembang pesat. Keyboard atau piano bisa membimbingmu untuk mempelajari beberapa teori musik sepert harmoni, melodi, dan ritme. Awali usahamu mendalami teori musik dengan mempelajari lebih jauh tentang teori musik pada piano, misalnya belajar tanda kunci.

Pada awal studi teori diberbagai sekolah musik biasanya kamu akan dituntun untuk membuat skala, kemudian membaca skala dan merumuskan skala baru. Nah, hanya piano lah yang bisa menjadi instrumen paling mudah untuk digunakan sebagai media belajar skala. Dengan piano kita juga bisa lebih mudah belajar mengenai harmoni, sehingga saat belajar instrumen lain tidak ada lagi kesulitan yang berarti.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus belajar teori musik piano, dengan menguasi teori musik pada piano hampir pasti kamupun bisa menguasai instrumen lain seperti gitar dan biola. Jika tidak ada piano yang memang harganya mahal, kamu bisa menggantinya dengan beli keyboard, karena keyboard juga memiliki fungsi sama yang bisa memperkenalkanmu dengan skala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar