Selasa, 12 Juli 2016

Dasar Sebuah Pengeras Suara Atau Speaker

Sebuah speaker, yang juga disebut pengeras suara, adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk membuat suara di radio, televisi, dan sistem musik listrik instrumen amplifier menjadi lebih besar. Pengeras suara ini dalam pengoperasian dan system kerjanya menggunakan kedua prinsip listrik dan mekanik untuk mengkonversi sinyal listrik dari radio, televisi atau alat musik listrik menjadi suara. Untuk pengeras suara atau speaker untuk menghasilkan suara, sinyal dari radio, televisi, atau alat musik listrik perlu terhubung ke amplifier elektronik atau listrik.

Pengeras suara atau speaker ini biasanya dibangun dengan menggunakan kertas yang kaku dan tebal, kumparan kawat tembaga tipis, dan magnet melingkar. Kerucut, kawat tembaga, dan magnet biasanya dipasang dalam lemari kayu persegi panjang berbentuk. Kumparan kawat tembaga bergerak bolak-balik ketika sinyal listrik melewatinya. Kumparan kawat tembaga dan magnet yang menyebabkan kerucut kertas kaku bergetar dan mereproduksi suara.

Beberapa pengeras suara atau speaker ini dirancang untuk suara bernada rendah, seperti pengeras suara woofer atau pengeras suara subwoofer. Speaker atau pengeras suara lainnya, yang disebut tweeter, yang dirancang untuk mereproduksi suara bernada tinggi (seperti suara peluit atau bernyanyi burung).

Pengeras suara untuk instrumen musik listrik biasanya lebih kuat dan lebih berat dari pengeras suara untuk radio atau televisi. Pengeras suara fungsi utamanya adalah untuk mengkonversi sinyal listrik yang diberikan untuk itu menjadi sinyal suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar