Kamis, 08 September 2016

Tips memilih drummer band

Mencari drummer band yang cocok itu susah-susah gampang, memang di Indonesia sudah banyak drummer bagus yang bahkan mampu beli drum paling komplit hanya demi bisa memuaskan gaya bermainnya namun ketika diajak bermain dalam band tetiba kualitas mereka menurun drastis.

Bukan karena kompetensi yang rendah melainkan hal-hal penunjang lain yang mereka tidak punya yakni sifat rendah hati dan kerjasama tim. Nah buat kalian yang tengah membentuk band dan sedang memilah drummer sebaiknya perhatikan betul yang calon-calonmu. Setidaknya dia harus punya tiga hal ini:

a.      Kepemimpinan

Drummer adalah sipengatur tempo permainan bersanding dengan bassist, tanpa ada drum permainan sebuah band tidak akan stabil. Oleh sebab itu siapapun yang menjadi drummer mutlak harus punya jiwa kepemimpinan, tegas mengambil sikap dan tahu kapan ia harus membawa musik ke tempo tinggi dan kapan ke rendah.

Jika calon drummer yang sedang kamu pilah saat ini terlihat masih sulit mengambil keputusan sebaiknya cari yang lain saja, sebab drummer semacam ini hanya akan membuat penampilanmu berantakan.

b.      Teori musik tinggi

Bermain drum memang tidak membutuhkan kunci nada, namun pengetahuan mengenai teori musik tetap diperlukan karena drum adalah sipengatur tempo. Drummerlah yang bertugas memulai permainan musik juga menghentikannya. Tanpa pengetahuan teori musik yang memadai ia tidak akan bisa melakukan keduanya.

Teori musik sangat berperan membantu drummer mengerti permainan pemegang instrumen lain, sehingga ia bisa mengatur jalannya sebuah musik. So saat memilih berikan ia pertanyaan mengenai teori musik dasar dan keterlibatan instrumen lain dalam sebuah musik

c.       Mampu memainkan segala genre

Karena drummer adalah si pengatur tempo maka ia idealnya mampu memainkan segala macam genre agar bisa menjadi pengatur sutuhnya terutama ketika mendadak harus memainkan beberapa genre sulit semacam klasik dan jazz. Tanpa drummer serbabisa sulit buat band nanti dalam mengeksplorasi musik.

So, ketika mencari drummer coba tanyakan padanya genre apa saja yang mampu ia mainkan, jika bisa minimal dua kemungkinan masih bisa menyelamatkan bandmu tapi jika hanya bisa menguasai satu sebaiknya cari yang lain saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar