Rabu, 08 Februari 2017

Cara Merawat Piano Agar Awet

Piano merupakan salah satu alat musik yang memiliki harga cukup mahal. Tentunya alat musik yang satu ini harus rajin dirawat agar tidak cepat rusak terlebih dengan harganya yang lumayan mahal. Selain menjaga piano agar tidak rusak, merawat piano juga dapat membuat kualitas suara dari piano tetap terjaga. Sebelum membahas mengenai cara merawat piano alangkah lebih baik jika mengetahui alasan mengapa piano perlu membutuhkan perawatan. Piano terbuat dengan proses yang cukup rumit, material yang digunakannya pun berasal dari bahan yang ada di alam, seperti kayu, plastik, bulu domba, metal dan bahan lainnya. Bahan dari alam ini sangat dipengaruhi oleh temperatur dan juga kelembapan jadi piano sangat perlu untuk dirawat.

Kelembapan udara yang baik untuk merawat piano yaitu 16-45 % dan temperatur 200-350. Piano dengan kelembapan dan temperatur yang tidak sesuai dapat menyebabkan piano bermasalah. Cara merawat piano agar piano selalu bekerja dengan baik yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada kondisi piano ke standar mutu secara keseluruhan. Pemeriksaan ini lebih baik dilakukan oleh ahli servis piano. Selain itu dapat juga dilakukan penyesuaian nada yang tepat pada piano dan mengatur mekanisme pada kerja agar feeling pada ujung jari menjadi mantap. Mengatur keseimbangan antara volume dan warna suara juga perlu dilakukan sebagai cara untuk menjaga piano tetap dalam keadaan baik. Perawatan tampilan fisik piano juga perlu dilakukan yaitu dengan rajin membersihkan bagian luar piano. Penggunaan bahan untuk membersihkan luaran piano juga penting yaitu dengan bahan yang lembut. Serta tidak menggunakan produk pembersih yang dijual karena bahan kimia yang dikandungnya dapat membuat tampilan piano malah menjadi rusak.

Agar piano selalu dalam kondisi yang baik perawatan yang mencakup regulating, tuning, general check dan voicing juga perlu dilakukan. Perawatan untuk bagian tuts juga perlu dilakukan, seperti rutin melakukan pembersihan di bagian tuts.  Itulah beberapa cara merawat piano yang didapatkan dari Yamaha Musik Indonesia. Perawatan luaran ataupun bagian dalam piano sangatlah penting untuk menjaga piano agar tetap menghasilkan suara yang baik.

http://id.yamaha.com/id/products/musical-instruments/keyboards/

1 komentar:

  1. Hi, thanks for your posting. Could I put our website about gifts here? Many thanks! Anw, very happy to be your newest follower

    BalasHapus